Wow... Ternyata Menggambar juga Menjadi Salah Satu Tahapan Perkembangan Anak Lo!
Assalamu’alaikum Sahabat Lithaetr,
Maafkan ya karena sudah agak lama belum menulis lagi, karena saya sedang fokus untuk 3 project nulis offline yang sedang diikuti. Bila lancar akan ada kejutan soalnya, hehehehe, doakan agar lancar ya sahabat.
Seperti yang sudah sering saya sebut sebelumnya, kalau penulis mengenal dunia parenting ini karena orang-orang hebat di sekitar saya. Nah, semenjak putri pertama saya sekolah bertambah-lah juga pengetahuan ini.
Gambar: dok pribadi (my star) |
Dahulu bila saya merasa kalau menggambar itu adalah bakat, ternyata setelah mengikuti training parenting di sekolah putri saya, pandangan ini pun berubah. Menggambar juga menjadi salah satu tahapan dari perkembangan anak lo!
Buat yang sudah tahu Alhamdulillah, buat yang belum yuk, simak ulasan saya berikut ini ya,
Ternyata menurut Depdiknas tahun 2004, menggambar dan melukis itu memiliki tahapan-tahapan dan sesuai dengan perkembangan anak.
Tahap 1:
Tahap di mana anak-anak mulai mencoret-coret acak, coretan selalu berhubungan, dan krayon atau alat menggambar seakan-akan tidak akan lepas dari tangan anak.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 2:
Tahap 2, coretan anak sudah mulai terarah. Tanda-tanda seperti titik-titik atau garis-garis sering diulang-ulang, biasanya juga bentuk lonjong sering muncul tapi belum berhubungan gambarnya.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 3:
Penambahan pada bentuk-bentuk lonjong; yang sering ditambahkan garis-garis dan titik-titik; biasanya garis-garis menyebar dari bentuk lonjong dan titik-titik di dalam bentuk lonjong.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 4:
Mulai muncul “kepala besar’, titik-titik dan garis-garis dalam bentuk lonjong menyerupai wajah dan mengambang di atas kertas.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Yang membedakan tahapan 1 dan 4 adalah dari penjelasan dari anak tentang gambarnya
Tahap 5:
Gambar “kepala besar” dengan kaki mengambang di atas kertas.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 6:
Gambar “kepala besar” dengan kaki dan bagian-bagian badan lainnya, khususnya tangan; mengambang di atas kertas. Muncul awal tulisan. Huruf mengambang seperti garis-garis.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 7:
“Kepala Besar” dengan bentuk batang sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya. Posisi gambar masih mengambang di atas kertas.
Gambar: dok pribadi (Karya Temannya Bintang usia 5 tahun) |
Tahap 8:
“Kepala Besar” dengan bentuk batang tertutup sebagai badan, bentuk batang berisi sebagai badan, atau bentuk batang segitiga sebagai badan dan anggota-anggota tubuh lainnya. Posisi gambar masih mengambang di atas kertas.
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 4 tahun lebih 9 bulan) |
Tahap 9:
Gambar rumah sederhana, lalu gambar menyerupai wajah, objek-objek sederhana lainnya seperti kupu-kupu dan bunga-bunga. Posisi gambar juga masih mengambang di atas kertas.
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 4 tahun lebih 11 bulan) |
Gambar: dok pribadi (Karya Bintangku usia 5 tahun) |
Tahap 10:
Bagian paling bawah kertas digunakan sebagai garis dasar dan gambar-gambar objek yang bisa dikenali ditempatkan di situ. Objek-objek ditempatkan secara tepat di langit dan di darat. Intinya anak sudah mulai paham tentang area dalam menggambar.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 11:
Dalam menggambar, anak-anak sudah mulai memberikan batasan atau area-area secara tepat dalam gambarnya, contoh: rumah sudah berada di atas tanah. Namun ukuran objek-objek masih belum tepat, misal orang lebih besar daripada rumah atau pintu rumahnya.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Tahap 12:
Di tahapan ini anak mulai sadar dengan dua dimensi yaitu ada darat dan udara. Sehingga mereka sudah menempatkan obyek sesuai tempatnya dan ukuran obyeknya pun sudah proporsional.
Gambar: PADU Depdiknas 2004 |
Itulah 12 tahapan menggambar yang menjadi salah satu tahapan dalam perkembangan anak. Alhamdulillah bintang saya sudah sampai di tahapan 9 sekarang. Sementara bundanya (saya) masih di tahap 5 dan 6, hahahaha…. Nah, kalau buah hati, sahabat sudah berada di tahapan berapa? Sementara kalau sahabat sendiri berada di tahap berapa? Ditunggu responnya di kolom komentar ya, sahabat (n_n).
Komentar
Posting Komentar